Nggak Cuma Putih, Lobak juga Banyak Jenisnya Loh

 

Lobak adalah salah satu umbi-umbian yang saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Lobak memiliki bentuk seperti wortel dan sangat dikenal dengan warnanya yang putih. Akan tetapi, ternyata lobak tak hanya ditemukan dalam warna putih saja melainkan ada banyak varian lho. Apa saja itu? Yuk cari tahu di artikel ini.

Jenis-jenis Lobak yang Harus Anda Ketahui

Bagi yang belum tahu pastinya pernyataan di atas membuat sangat penasaran bukan? Beruntung sekali karena kali ini kita akan membahas jenis-jenis lobak. Ini dia penjelasan selengkapnya hanya untuk Anda:

1. Lobak Putih

Jenis pertama dan yang paling banyak dikenal masyarakat adalah lobak putih. Lobak yang satu ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan wortel tetapi warnanya putih. Untuk teksturnya mirip sekali dengan kentang.

Lobak putih sangat sering digunakan sebagai bahan sayuran seperti sop, salad, dan lain sebagainya. Lobak yang satu ini juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan.

Tak hanya itu saja, lobak putih dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, menurunkan berat badan, dan juga mencegah penyakit kanker. Lobak putih juga sangat mudah ditemui di pasar hingga supermarket.

2. Lobak Merah

Jenis yang berikutnya adalah lobak merah yang cukup jarang didengar oleh masyarakat di Indonesia. Lobak yang satu ini memiliki tampilan warna yang merah merona pada kulit luarnya. Akan tetapi untuk isinya lebih cenderung putih.

Lobak merah juga tak berbeda dengan sayuran lainnya di mana memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Lobak ini juga mengandung karbohidrat yang tinggi untuk energi menjalankan berbagai jenis aktivitas sehari-hari.

Lobak merah ternyata juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker dan tekanan darah tinggi. Lobak merah juga mengandung vitamin yang sangat kompleks seperti vitamin C dan vitamin B6 yang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Lobak Hijau

Jenis yang berikutnya adalah lobak hijau yang tentunya memiliki kulit yang berwarna hijau. Tak hanya kulitnya saja yang hijau, ternyata isi umbinya juga berwarna hijau. Lobak yang satu ini sudah pasti memiliki kandungan klorofil yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan.

Klorofil diketahui memiliki segudang manfaat khususnya untuk kulit karena bisa meredakan jerawat. Klorofil juga bisa digunakan sebagai zat detoksifikasi dari racun sehingga tubuh pun akan terbebas dari sel kanker.

Klorofil juga sangat bagus untuk meningkatkan produksi darah merah sehingga Anda pun akan terhindar dari anemia. Tak hanya klorofil saja, nutrisi dalam lobak hijau ini sangat banyak salah satunya vitamin K yang merupakan zat anti inflamasi.

4. Lobak Hitam

Jenis terakhir yang akan kita bahas yaitu lobak hitam. Lobak yang satu ini memiliki tampilan yang hitam pekat di bagian luarnya. Akan tetapi pada bagian dalamnya memiliki warna putih bersih,

Lobak hitam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya flu. Ya, lobak hitam mengandung antibakteri dan juga anti mikroba yang mampu membunuh bakteri dan mikroba penyebab penyakit.

Sayuran ini dipercaya juga dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk masalah ini, lobak hitam sering dikonsumsi dalam bentuk jus agar mudah untuk dikonsumsi.

Itu dia beberapa jenis lobak yang harus Anda ketahui. Sudah jelas ya di dunia ini tidak hanya lobak putih saja yang bisa dimakan melainkan ada lobak merah, hijau, dan hitam. Untuk Anda yang sedang mencari lobak dengan kualitas terbaik namun tetap ingin #dirumahaja dapat memanfaatkan aplikasi TaniHub. Di platform ini, Anda bisa memesan sayuran dan buahan segar langsung dari petaninya. Tak hanya itu, di TaniHub juga ada banyak informasi bermanfaat terkait kuliner sepert resep, tips memasak dan info lainnya.

Yuk kunjungi TaniHub 😊