Tips Menghemat Biaya Bangun Rumah Dengan Budget Terbatas

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah sesuai dengan impiannya masing-masing. Namun kebanyakan orang terkendala oleh yang namanya biaya bangun rumah, karena tentu saja tidak akan mengeluarkan dana yang sedikit. Untuk itu perlu yang namanya menghemat biaya agar tetap bisa membangun rumah dengan budget yang terbatas.

Anda perlu melakukan beberapa hal supaya membangun hunian bisa terwujud meski dengan dana yang minim. Bagaimana caranya?

Menekan Biaya Bangun Rumah Dengan Budget Terbatas

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan biaya bangun rumah dengan dana yang minim.

1. Tentukan Tipe Rumah

Untuk mengetahui tipe rumah bisa berdasarkan luas tanah dan luas bangunan. Jadi sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Jika ingin memilih lokasi di pusat kota seperti Jakarta maka biaya kebutuhan tanahnya bisa dua sampai tiga juta per meter.

Namun untuk rumah dengan lokasi yang masih sepi penduduk seperti di pedesaan, Anda mungkin bisa mendapatkan harga tanah dengan biaya ratusan ribu saja. Untuk yang memiliki keluarga kecil bisa memilih rumah dengan tipe 50 atau 60. Dengan begini Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar 180 juta untuk estimasinya.

2. Survei Bahan Material

Lakukan survey bahan material ketika akan bangun rumah apalagi budgetnya terbatas. Meskipun harus repot dengan mengunjungi satu persatu toko material namun tidak apa-apa asal bisa mendapatkan estimasi harga bahan material terbaik dengan biaya yang terjangkau.

Karena masing-masing toko material pasti memberikan harga yang bervariasi maka bisa lakukan perbandingan untuk menyesuaikan dengan budget. Material juga bisa didasarkan pada kualitasnya. Semakin bagus kualitas dari bahan material maka akan semakin mahal pula harganya.

3. Pilih Bahan Bangunan Murah

Memilih bahan bangunan murah, di sini bukan berarti Anda harus menurunkan kualitas bahan bangunan yang akan mempengaruhi rumah yang akan dibangun nantinya. Saat ini Anda bisa memilih produk lokal yang memiliki kualitas tinggi dan tidak kalah dari produk material impor.

Perlu diketahui bahwa harga produk material lokal akan cenderung lebih murah, dibanding produk impor karena untuk produk impor Anda harus mengeluarkan biaya pengiriman. Kualitas produk lokal baik dan harganya jauh lebih murah maka anda bisa pilih produk-produk lokal untuk bahan material bangun rumah.

4. Ketahui Desain Rumah

Setelah menentukan tipe rumah dan mengetahui berapa harga material bahan bangunan yang akan dibutuhkan, saatnya menentukan desain rumah. Ada banyak pilihan desain rumah namun pastikan memilih desain minimalis untuk menekan budget.

Selain itu, desain rumah minimalis juga cukup menjadi trend saat ini apalagi di kalangan milenial. Kelebihan memilih desain minimalis tentu saja bisa mengurangi biaya bahan bangunan dan membuat ruangan rumah menjadi multifungsi.

Bahkan ada juga tidak perlu arsitek untuk mendesain rumah dan tidak perlu banyak beli properti untuk pengisi ruangan.

Sekarang tentu Anda sudah tahu bagaimana cara menghemat biaya bangun rumah dengan budget yang terbatas namun tetap bisa mendapatkan rumah impian. Bagi Anda yang ingin bangun rumah kalau bisa juga digunakan jasa kontraktor agar dapat mengetahui rincian biaya secara tepat. Dengan kontraktor, budget yang terbatas bisa dimaksimalkan dengan pemilihan material sampai tukang bangunan secara tepat.

Pilih kontraktor terbaik dengan menggunakan aplikasi Sejasa. Di mana lewat aplikasi ini, Anda akan mendapatkan referensi banyak kontraktor dengan tim yang profesional dan juga andal serta sudah bersertifikat. Kunjungi aplikasi Sejasa sekarang juga untuk mencari tukang lainnya, adapun platform ini juga bisa anda akses lewat website resmi.