Noda di Baju Putih Bikin Ruwet, Begini Cara Membersihkannya

Baju putih merupakan salah satu outfit yang cukup umum digunakan. Selain memberi kesan elegan, baju berwarna putih memberi banyak kesan positif, mulai dari selalu terlihat rapi dan bersih, hingga bisa dipadukan dengan berbagai jenis dan warna outfit.

Namun kelemahannya, baju putih tergolong sangat mudah kotor. Cara membersihkan noda di baju putih pun bukan hal yang mudah. Jika terlalu keras saat menggosoknya, serat kainnya mudah rusak, rapuh dan membuat warnanya terlihat kusam.

Tidak hanya itu, jika cara pencuciannya kurang maksimal, warna baju putih cenderung mudah kusam, dan terlihat menguning. Jelas ini bukan hal yang kamu inginkan bukan?

Maka dari itu, dibutuhkan trik khusus untuk bisa menangani noda di baju putih, tanpa meninggalkan dampak buruk dalam jangka panjang. Berikut trik mencuci baju putih agar warnanya tetap cerah, dan kotoran terangkat dengan sempurna.

Noda Umum, Seperti Keringat dan Debu

Untuk membersihkan noda umum, seperti keringat dan debu, cara membersihkan noda di baju putih ini tergolong mudah. Anda hanya perlu mencucinya terpisah dari baju lainnya, terutama baju berwarna yang mudah luntur, dan baju dengan serat kain yang kasar, seperti jeans dan lainnya.

Gunakan mesin cuci seperti biasa, dan setelah itu bilas hingga bersih. Proses pembilasan ini wajib dilakukan dengan sempurna agar sisa deterjen dan kotoran bisa terangkat sempurna, setelah itu keringkan dengan mesin pengering dan jemur hingga kering maksimal.

Khusus proses penjemuran, Anda boleh menjemur baju putih langsung di bawah terik matahari sebelum jam 9:00 atau jam 10:00 pagi, kalau sore hari, setelah jam 15:00.

Jika mencuci lebih dari jam 10:00 pagi, sebaiknya baju putih tidak dijemur langsung dibawah terik matahari. Cukup diangin-anginkan di ruang terbuka, seperti di bawah pohon yang rindang, atau di bawah kanopi dan lainnya.

Hal ini bertujuan untuk menjaga serat kain tetap lembut dan warnanya tetap cerah. Seperti kita ketahui, sinar UV yang berasal dari terik matahari bisa menyebabkan serat kain menjadi rusak, membuat pakaian jari terlihat kusam, kasar dan mudah sobek.

Noda Membandel

Untuk membersihkan noda membandel, seperti noda saus, noda oli, lumpur dan sejenisnya, kamu hanya perlu proses tambahan, yakni langsung mengelap atau membersihkan noda tersebut dengan menggunakan tisu, atau kain bersih.

Intinya, noda tersebut jangan terlalu lama menempel di baju putih. Selain itu, baju putih sebaiknya tidak disimpan dulu setelah digunakan, wajib langsung dicuci agar proses pembersihan nodanya lebih mudah, dan lebih optimal.

Saat proses mencuci, tandai noda tersebut, kemudian olesi dengan deterjen liquid. Setelah itu, masukkan ke dalam mesin cuci, dan jalankan proses pencucian seperti biasa. Setelah selesai, langkah selanjutnya sama seperti cara membersihkan noda di baju putih di atas.

Agar lebih optimal, pastikan kamu selalu menggunakan deterjen Attack Sensor Matic dari KAO Academy, deterjen terbaik dengan teknologi Automatic Sensor Technology yang dengan jitu dapat melacak, membasmi, dan mencegah noda serta kuman datang kembali.

Dengan formula rendah busa, Attack Sensor Matic dapat lebih optimal membersihkan noda hingga ke bagian serat terdalam kain, mencuci menjadi lebih mudah hanya dengan sekali bilas, dan dapat membantu mesin cuci tetap awet, bebas endapan residu dari kotoran dan sisa deterjen.